Beranda / Artikel /

Kamis, 31 Mei 2012. 21.50 wib

Bimtek Aplikasi SAI 2012

Baik buruknya kinerja satuan kerja dalam pengelolaan dana APBN dapat tercermin dalam Laporan Keuangan yang disusun setiap tahunnya. Seperti diketahui, laporan keuangan yang berkualitas, transparan, dan akuntabel tidak bisa serta merta terwujud secara instan, melainkan harus melalui sistem akuntansi yang andal, data yang dapat ditelusuri, dan disusun sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan. Yang terpenting dari keseluruhan proses tersebut adalah sumber daya manusia di masing-masing satker yang akan melakukan penyusunan laporan keuangan dimaksud. Oleh sebab itu, dalam rangka mendukung dan meningkatkan kelancaran para satuan kerja dalam menyusun laporan keuangan tahun 2012, KPPN Wates mengadakan sosialisasi PER-65/PB/2010 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga dan bimbingan teknis Aplikasi SAI 2012 yang berlangsung pada 14 dan 15 Maret 2012 yang lalu.

Acara yang berlangsung di Aula KPPN Wates ini, dihadiri oleh Bendahara dan Operator Aplikasi SAI dari seluruh satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Wates. Dengan sosialisasi dan bimtek tersebut, diharapkan nantinya para pengelola keuangan masing-masing satker akan memiliki pemahaman yang sama mengenai tata cara penyajian laporan keuangan, sehingga dapat menyusun Laporan Keuangan Tahun 2012 menggunakan Aplikasi SAI 2012 lebih baik.

peserta bimtek

Tepat pukul 09.00 WIB, rangkaian acara dimulai dengan diawali sambutan dari Bapak Tunas Agung Jiwa Brata selaku Kepala KPPN Wates. Dalam sambutannya, Bapak Agung kembali menghimbau kepada seluruh satker untuk konsekuen dalam merealisasikan dana DIPA secara merata pada tiap triwulannya. Dalam pandangan beliau, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada pergerakan dan pembangunan ekonomi serta menjadi faktor penting dalam optimalnya penyerapan sumber daya manusia di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Selanjutnya, Bapak Agung juga berkesempatan mengumumkan 3 satuan kerja yang memperoleh nilai terbaik dalam penilaian Laporan Keuangan Tahun 2011 lingkup KPPN Wates. Kriteria yang dipakai dalam penentuan Laporan Keuangan terbaik antara lain: ketepatan waktu dan kelengkapan laporan; kualitas laporan; beban kerja; serta partisipasi. Ketiga satker yang berhak memperoleh predikat peringkat 1 s.d.3 adalah: BPS Kabupaten Kulon Progo (nilai 94); Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo (nilai 93,8); dan Polres Kulon Progo (nilai 93). Kepada Bendahara Pengeluaran yang mewakili, Bapak Agung menyerahkan piagam penghargaan sebagai salah satu bentuk apresiasi KPPN Wates atas dukungan satker dalam mewujudkan opini audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Tahun 2011 yang diharapkan menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kepala Seksi VeraMemasuki inti acara, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi yang bertindak sebagai narasumber, Ibu Sri Suprihariyani (Ibu Ani) menyampaikan materi Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor: PER-65/PB/2010 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga. Dalam uraiannya, Ibu Ani menjelasakan mengenai format yang dipakai dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan. Kekurangsempurnaan dalam penyusunan yang ditemui dalam analisa Laporan Keuangan Tahun 2011 juga diungkapkan dan disampaikan untuk diberikan saran demi terwujudnya laporan keuangan yang lebih baik di periode selanjutnya.

Pada sesi kedua, Bapak Rudy Marfar selaku narasumber dan trainer Aplikasi SAI 2012 menyampaikan materinya. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Rudy menjelaskan mengenai pokok-pokok perubahan proses pelaksanaan anggaran, jenjang pelaporan SAK, serta proses instalasi Aplikasi SAI 2012 dan penjelasan mengenai menu-menu yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar. Para peserta juga memberikan umpan balik yang positif pada saat sesi tanya jawab dan diskusi. Hasil post test yang diberikan dalam rangka mengukur tingkat pemahaman satker terhadap materi yang telah diberikan juga menunjukkan indikasi bahwa pelaksanaan sosialisasi dan bimtek ini relatif efektif. Harapan untuk masa yang akan datang, melalui sosialisasi PER-65/PB/2010 dan bimtek Aplikasi SAI 2012 ini, laporan keuangan baik di tingkat satker maupun tingkat KPPN akan terus mengalami kemajuan dan peningkatan sehingga tercapai peningkatan akuntabilitas dan kinerja pemerintah melalui opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK. (am)



Komentar Anda
Nama:
Email:
Komentar Anda:
Captcha: *
 

Komentar Pembaca :
Helpdesk KPPN


Agenda Kegiatan


Wisata Kuliner

Wisata kuliner di wisata_kuliner.html atribut




Facebook KPPN Wates


Poling
Bagaimana tampilan website KPPN Wates saat ini?
sangat menarik
menarik
biasa
kurang




Video

Link Video Youtube dapat diisikan di attribut video.html


Video Depan