Beranda / Artikel /

Selasa, 12 Februari 2013. 21.49 wib

Sosialisasi PMK 190 /PMK.05/ 2012 Di KPPN Wates

sos pmk-190Awal Tahun Anggaran 2013, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Wates mengambil langkah agresif dengan mengundang Para Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Penandatangan SPM dan Bendahara Pengeluaran Satuan kerja Lingkup Wilayah Pembayaran KPPN Wates dalam Acara Sosialisasi PMK 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan 2 (dua) hari yaitu hari pertama Senin, 28 Januari 2013 sosialisasi bagi Para Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen, sedangkan hari kedua Selasa, 29 Januari 2013 sosialisasi bagi para Pejabat Penandatangan SPM dan Bendahara Pengeluaran Satker lingkup KPPN Wates, yang bertempat di aula KPPN Wates.

Didasari atas Pentingnya PMK 190/PMK.05/2012 yang mulai berlaku tanggal 1 Januari 2013, dimana Peraturan Menteri Keuangan tersebut sebagai pengganti dari PMK 134/PMK.06/2005 tentang Pedoman Pembayaran Dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan PMK Nomor 170/PMK.05/2010 tentang penyelesaian tagihan Atas Beban APBN pada satker, yang sudah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Pelaksanaan Sosialisasi disambut dengan antusias oleh Satuan Kerja, yang merupakan bentuk keingintahuan Satker akan adanya peraturan baru tersebut, yang tercermin dari banyaknya jumlah peserta yang hadir dan mengikuti dengan seksama rangkaian acara sampai dengan selesai. Dimulai dengan sambutan Ketua panitia Bpk Suwarno,S.Sos yang dalam kesempatannya menyampaikan laporannya terkait pelaksanaan Sosialisasi yang dibagi menjadi 2 (dua) hari pertama sosialisasi bagi KPA dan PPK, sedangkan hari kedua sosialisasi bagi PPSPM dan Bendahara Pengeluaran. Pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB s/d 13.00 WIB.

sos pmk-190Ibu Lili Khamiliyah selaku Kepala KPPN Wates dalam pengarahannya memaparkan beberapa point penting terkait Pelaksanaan ABPN TA 2012 yang telah dilalui dengan Sukses dan penyampaian Apresiasi atas pelaksanaan pencairan dana yang mencapai target 95,44% diatas target yang ditetapkan 90%, Tidak Adanya Kas di Bendahara pengeluaran Satker Wilayah pembayaran KPPN Wates yang merupakan nilai tambah tersendiri, Tingkat Akurasi yang semakin membaik dari bulan ke bulan, Pentingnya Perencanaan Kas agar penyerapan tidak selalu bertumpuk di akhir Tahun Anggaran, dan kendala atau hambatan pada TA 2012 agar dapat diambil sebagai pelajaran agar pengelolaan Keuangan Negara di Tahun 2013 menjadi lebih baik dan penyerapan Anggaran Belanja Negara menjadi lebih berkualitas. “Yang masih perlu mendapat perhatian dan sebagai pelajaran dalam pelaksanaan TA 2013 adalah terkait realisasi Belanja Barang untuk satuan kerja yang masih rendah agar lebih ditingkatkan dan tercapai output bahkan outcome yang bermanfaat bagi masyarakat” lanjut Ibu Lili dalam panggilan Akrabnya.

sos pmk-190Tidak ketinggalan Tim dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta juga hadir memberikan materi utama dalam acara dimaksud yaitu PMK 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada hari pertama sosialisasi, Narasumber dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta Ibu M.I Sri Nuryati Kepala Bidang Pembinaan Perbendaharaan memberikan penjelasaan dan uraian yang lengkap, lugas dan tegas atas PMK dimaksud. Dipaparkan pula Tugas-tugas sebagai KPA, PPK, PPSPM dan Bendahara Pengeluaran, sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya terjadi kejelasan tugas dari masing-masing pejabat Perbendaharaan tersebut. Hari kedua diisi oleh Narasumber dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta Bapak Arief Rokhman Kepala Seksi PP II yang juga menyampaikan materi tantang PMK 190/PMK.05/2012 dengan peserta para PP-SPM dan Bendahara Pengeluaran.

Diawal acara kegiatan sosialisasi dilakukan pretest untuk mengetahui pengetahuan Satker di bidang Pengelolaan Keuangan Negara setelah seminggu sebelum kegiatan sosialisasi telah dikirimkan kepada Satker PMK 190/PMK.05/2012, diakhir acara dilakukan postest untuk mengetahui tingkat pemahaman Satker dalam Pengelolaan Keuangan Negara setelah mendapatkan informasi dari para narasumber terkait sosialisasi atas peraturan dimaksud.

sos pmk-190Sebelum dilakukan penutupan Acara, sebagai apresiasi kepada satker Kepala KPPN Wates memberikan penghargaan berupa Souvenir terhadap 3 (tiga) Satuan Kerja terbaik atas Pengelolaan Keuangan di tahun 2012 yaitu dilihat dari Penyerapan Anggaran yang tinggi, Tingkat Akurasi penarikan dana yang tinggi, dan ketepatan dalam penggunaan BAS. Demikian juga untuk hasil pretest dan postes terbaik diberikan reward berupa souvenir untuk 2 (dua) peserta terbaik. Harapan untuk pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2013 dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Wates selalu siap membantu bila ada kesulitan ataupun hambatan yang dirasakan oleh satker agar Pengelolaan Keuangan Negara menjadi lebih baik, karena janji layanan KPPN Wates kepada satker yaitu melayani dengan PASTI (Profesional, Akurat, Senyum, Transparan, dan Ikhlas).

by Imam tri wibowo



Komentar Anda
Nama:
Email:
Komentar Anda:
Captcha: *
 

Komentar Pembaca :
Helpdesk KPPN


Agenda Kegiatan


Maklumat Layanan

“DENGAN INI, KAMI MENYATAKAN
SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITETAPKAN
DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI,
KAMI SIAP MENERIMA SANKSI
SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU”




Layanan Pengaduan



Poling
Bagaimana tampilan website KPPN Wates saat ini?
sangat menarik
menarik
biasa
kurang




Video

Link Video Youtube dapat diisikan di attribut video.html


Video Depan